Seputar Kesehatan, Bisnis Online, Berita dan Informasi Terupdate.

KELUARGA HARMONIS

KELUARGA HARMONIS
SOLUSI KEPUTIHAN DAN ATASI BAU TIDAK SEDAP. INFO HP : 0811 1717 860 ! Pin BB : 5784ABC2

Seberapa penting peran ayah dan ibu dalam pengasuhan anak?

Kamis, 31 Maret 2016

Seberapa penting peran ayah dan ibu dalam pengasuhan anak?

Seberapa penting peran ayah dan ibu dalam pengasuhan anak?




Belakangan ini marak sekali beberapa teman di media sosial meng-share isi materi atau video dari Ibu Elly Risman yang berisi tentang peran penting ayah dalam pengasuhan.


  • Memang, pengasuhan anak bukan hanya tugas ibu seorang, apalagi tanggung jawab guru di sekolah. Adalah tugas orang tua untuk membentuk anak agar menjadi pribadi yang berakhlak, berkarakter dan berbudi pekerti luhur.
    Keluarga adalah tim yang membutuhkan kerjasama dari semua pihak di dalamnya. Setiap keluarga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Antar keluarga satu sama lain juga memiliki kebiasaan, pengalaman dan tujuan yang berbeda. Ada yang ingin memiliki anak lebih menonjol di bidang akademik, ada keluarga yang ingin anaknya menonjolkan akhlaknya, ada keluarga yang ingin anaknya menonjol dalam karakter berkehidupan. Semua sah-sah saja. Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk.
    Walau bertugas sebagai pencari nafkah, peran Ayah tidak lantas begitu saja lepas tangan dalam proses pendidikan anak. Ibu memang lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak, tetapi juga bukan berarti membuat anak menjadi baik adalah tugas ibu sepenuhnya. Jika ayah dan ibu bekerja, bukan berarti lantas pendidikan anak diserahkan ke guru, penitipan anak, suster ataupun kakek dan neneknya. Ini adalah hal yang sangat keliru dan membuat fungsi keluarga tidak berjalan sewajarnya.
    Lalu apa saja fungsi dari sebuah keluarga yang sebenarnya? Menurut ST. Vebrianto yang dikutip oleh M. Sabri, keluarga mempunyai 7 fungsi:
  • 1. Fungsi biologis.

    Keluarga merupakan tempat lahirnya anak-anak secara biologis, yang berasal dari orang tuanya. Tentu saja anak yang lahir dari pasangan heterosexual, yang dilahirkan dari rahim para wanita yang telah menikah.
  • 2. Fungsi afeksi.

    Keluarga adalah tempat yang penuh dengan kemesraan dan afeksi (kasih sayang dan mampu memberikan rasa aman).
  • 3. Fungsi sosial.

    Keluarga adalah tempat membentuk kepribadian anak melalui interaksi sosial. Anak mempelajari pola dan tingkah laku, keyakinan, kebiasaan dan nilai-nilai yang diterapkan dalam keluarga untuk pengembangan kepribadiannya.
  • 4. Fungsi pendidikan.

    Keluarga adalah institusi pendidikan pertama untuk anak. Dari dalam rumah, anak akan mempelajari berbagai hal yang menjadi bekal hidupnya bersosial di masyarakat.
  • 5. Fungsi rekreasi.

    Keluarga adalah tempat untuk bersenda gurau, memperoleh kehangatan, penghilang rasa bosan, ketenangan dan kegembiraan di kala jenuh.
  • 6. Fungsi keagamaan.

    Keluarga merupakan pendidikan pertama yang mengajarkan anak tentang Ketuhanan, beribadah, serta pemahaman pentingnya agama untuk menjadi petunjuk dan pegangan hidup dalam kehidupan manusia.
  • 7. Fungsi perlindungan.

    Keluarga berfungsi memelihara, merawat dan melindungi anak dari hal-hal yang mengancam kehidupannya.
    Lalu, sudahkah fungsi keluarga ini berjalan semestinya dalam pengasuhan anak. Yukayah dan ibu, sudah saatnya bergandengan tangan dalam mendidik anak-anak kita dan mempersiapkan mereka untuk masa depan.

Oleh Irni Fatma Setyiawati


KLIK VIDEO BERIKUT INI:

http://i.giphy.com/xThuWv3Aaiqmn0VJeg.gif 


EmoticonEmoticon